Google

10 Oktober, 2007

PARIS BREST - KBB #1

Waduh.. deg-degan nih... ini resep pertama yg harus dibuat oleh masing-2 anggota KBB, namanya PARIS BREST, sejenis kue sus berbentuk cincin. Pada saat baca resep sepertinya susah untuk dibuat, ternyata.. nggak sesulit yg kubayangkan. Cuma yg jadi kendalaku adalah pada saat memanggang. Karena ovenku kurang bersahabat... biasalah otang... jadi ya.. penampakannya gak begitu bagus.. hiks.. hiks.. tapi rasanya OK lho... ini pengalamanku….


Bikin Kulit Pastry


Bahan :
20 gr mentega
35 gr tepung terigu
60 ml air
1 butir telur
Sebelum mulai aku naikkan otangku ke atas kompor, sembari membuat adonan kulit.

Pertama cairkan mentega dan air sampai mendidih, kemudian masukkan tepung terigu aduk dengan sendok kayu sampai adonan terlepas dari dinding panci lalu pindahkan ke tempat lain. Masukkan telur, disini telur aku kocok lepas dulu baru aku masukkan, aduk sampai adonan halus. Lalu aku cetak bulat-bulat sesuai instruksi pake spuit, jadi 16 biji. Karena otangku gak pake temperatur jadi aku kira-kira aja panasnya udah cukup untuk memanggang, aku masukkan adonan ke oven.

10 menit pertama adonan mengembang bagus, terus kompor agak ku kecilkan, adonan masih bagus, setelah udah kelihatan agak kecoklatan adonan ku keluarkan, walah... kok langsung kempes ya... jadi kecewa nih.. memang begini ato salah pas memanggang ya... gakpapa wis.. dilanjut aja.. pastry aku belah jadi dua, terus dimasukkan otang lagi... sebentar aja udah keliatan kering aku angkat dari oven.. tunggu dingin, sambil nyiapian bahan buat bikin fillingnya. Setelah dingin aku coba cicipin satu... kriuk-kriuk.. hampir mirip sus kering.. gurih...

Kemudian dilanjut bikin fillingnya alias pastry cream

Bahan :
250 ml susu
3 butir kuning telur
1/2 batang vanili belah dua, karena gak nemu batang vanili aku ganti vanili pasta 1/2 sdt
75 gr gula caster, aku pake gula pasir merk "gulaku" yg putih
2 sdm tepung maizena

Mula-mula didihkan susu dan vanili pasta, sisihkan. Lalu kocok kuning telur, gula dan tepung maizena dengan mixer hingga kental. Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Masak lagi custard di atas api besar hingga mendidih dan adonan mengental.

Masukkan custard ke dalam piping bag, lalu semprotkan ke atas 16 cincin paruh tadi, tutup dengan separuh bagiannya lagi. Bikin filling ini lancar-lancar aja...

Nah.. sekarang bikin toffenya..
Bahan : 220g gula caster dan 125 ml air
Campur gula dan air, aduk hingga gula larut di atas api besar, jika gula sudah larut, didihkan. Turunkan suhu api, terus masak toffee tanpa ditutup dan tanpa diaduk hingga warnanya coklat terang. Angkat dari api, biarkan dulu hingga gelembung udaranya habis.
Kemudian letakkan paris-brest ke atas loyang yang dialasi foil. Tuangkan toffee di atasnya dan susun atau taburkan almond iris. Siap di santap... Penampakan akhirnya seperti ini...

Pengalaman pertama ikut KBB ini kuanggap masih kurang berhasil... mudah-mudahan di kesempatan berikutnya bisa lebih berhasil... semangat....

Tidak ada komentar: